INFORMASI MAGANG DAN SKRIPSI

KETENTUAN PELAKSANAAN MAGANG DAN SKRIPSI

PRODI SISTEM INFORMASI

 

  • MATA KULIAH MAGANG SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MENGGANTIKAN MATA KULIAH KKN DENGAN BOBOT SKS TOTAL 4 SKS DAN DURASI PELAKSANAAN SELAMA 2 BULAN.
  • BAGI MAHASISWA YANG MENGONTRAK MAGANG BERSAMAAN DENGAN MATA KULIAH TATAP MUKA, MAKA MAGANG HARUS DILAKSANAKAN DI LUAR JADWAL PERKULIAHAN (DI AWAL ATAU AKHIR SEMESTER). UNTUK MATA KULIAH TATAP MUKA, MAHASISWA TETAP DIWAJIBKAN HADIR MINIMAL 75% DARI TOTAL KEHADIRAN DOSEN.
  • BAGI MAHASISWA YANG MENGONTRAK MAGANG TIDAK BERSAMAN DENGAN MATA KULIAH TATAP MUKA, MAKA PELAKSANAAN MAGANG DAPAT DILAKSANAKAN SEPANJANG SEMESTER.
  • MAHASISWA DAPAT MENGONTRAK MAGANG DAN SKRIPSI SECARA BERSAMAAN MULAI SEMESTER GANJIL 2015/2016
  • MAGANG DAPAT DILAKSANAKAN SEBELUM JADWAL PENGISIAN KRS GANJIL 2015/2016
  • PROSEDUR MAGANG:
  1. MAHASISWA MENGHUBUNGI INSTANSI TEMPAT MAGANG SECARA INFORMAL UNTUK MENGETAHUI APAKAH BISA MELAKSANAKAN MAGANG DI INSTANSI TERSEBUT.
  2. MAHASISWA MENGURUS PERSYARATAN ADMINISTRASI MAGANG SBB:
    1. LULUS MATA KULIAH TATAP MUKA MINIMAL 120 SKS (KATEGORI LULUS ADALAH NILAI C KE ATAS) DENGAN MENYERAHKAN BUKTI BERUPA FOTOKOPI KHS ATAU TRANSKRIP.
    2. MEMBUAT PROPOSAL RINGKAS MENGENAI USULAN TOPIK MAGANG
    3. MENGISI FORMULIR MAGANG YANG DISETUJUI OLEH KETUA PRODI (FORMULIR DAPAT DIMINTA DI PRODI ATAU TU FAKULTAS).
    4. BERKAS A,B, DAN C YANG TELAH LENGKAP DISERAHKAN KE TU UNTUK DIBUATKAN SURAT PENGANTAR MAGANG DARI FAKULTAS UNTUK DIKIRIMKAN KE INSTANSI/PERUSAHAAN YANG DITUJU.
  1. MAHASISWA MENGIRIMKAN SURAT PENGANTAR MAGANG BESERTA PROPOSAL MAGANG KE INSTANSI/PERUSAHAAN YANG DITUJU.
  2. APABILA MAHASISWA DITERIMA MAGANG OLEH INSTANSI YANG DITUJU, MAHASISWA HARUS MELAPORKAN KE TU FAKULTAS DENGAN MENUNJUKKAN SURAT BALASAN PENERIMAAN MAGANG DARI INSTANSI YANG DITUJU.
  3. SEBELUM PELAKSANAAN MAGANG, MAHASISWA AKAN MENDAPAT PEMBEKALAN.
  4. SELAMA MAGANG MAHASISWA HARUS MENGISI LOGBOOK (FORMULIR DAPAT DIMINTA DI PRODI ATAU TU FAKULTAS).
  5. DOSEN PEMBIMBING MAGANG AKAN DITENTUKAN OLEH PRODI.
  6. MAHASISWA HARUS MENYERAHKAN LAPORAN MAGANG PADA AKHIR PELAKSANAAN MAGANG UNTUK DISEMINARKAN.

 

F.A.Q:

  1. Q: KAPAN SEBAIKNYA PELAKSANAAN MAGANG DIMULAI JIKA MAHASISWA JUGA MENGONTRAK MATA KULIAH TATAP MUKA?

A: BAGI YANG INGIN MELAKSANANKAN MAGANG DI AWAL SEMESTER KARENA INGIN TETAP MENGHADIRI MATA KULIAH TATAP MUKA, SEBAIKNYA MULAI MELAKSANAKAN MAGANG PALING LAMBAT AKHIR JUNI DAN SELESAI AKHIR AGUSTUS. PERKULIAHAN SEMESTER GANJIL 2015/2016 DIPERKIRAN AKAN DIMULAI 22 AGUSTUS 2016. BAGI YANG INGIN MELAKSANAKAN MAGANG DI AKHIR SEMESTER, DAPAT DILAKSANAKAN MULAI BULAN JANUARI.

  1. Q: APAKAH DURASI MAGANG SELAMA 2 BULAN SUDAH TERMASUK LIBUR LEBARAN (BILA MAGANG DIMULAI DALAM BULAN PUASA)?

A: DURASI MAGANG DIHITUNG MULAI DARI TANGGAL PELAKSANAAN MAGANG SAMPAI AKHIR PELAKSANAAN MAGANG, JADI LIBUR TETAP DIHITUNG (TIDAK PERLU MENAMBAH HARI MAGANG KARENA ADA LIBUR).

  1. Q: BAGAIMANA FORMAT PROPOSAL MAGANG?

A: SAAT INI BELUM ADA FORMAT BAKU UNTUK PROPOSAL MAGANG. NAMUN SECARA UMUM STRUKTUR DAN KONTENT PROPOSAL MAGANG DAPAT DILIHAT PADA CONTOH PROPOSAL DARI URL: http://www.mediapustaka.com/2015/01/contoh-pengajuan-proposal-magang-di.html

  1. Q: BAGAIMANA FORMAT LAPORAN MAGANG?

A: FORMAT LAPORAN MAGANG AKAN MENYUSUL (TENGAH DIPERSIAPKAN).

 5. Q: BAGAIMANA BILA MAHASISWA MENGONTRAK SKRIPSI DAN MAGANG BERSAMAAN, NAMUN SKRIPSI TIDAK SELESAI PADA SEMESTER YANG DIKONTRAK?

A: SKRIPSI YANG TIDAK SELESAI PADA SEMESTER YANG DIKONTRAK, MAKA NILAINYA AKAN KOSONG, DAN MAHASISWA WAJIB MENGONTRAK SKRIPSI LAGI PADA SEMESTER BERIKUTNYA. APABILA MAHASISWA TIDAK MENGONTRAK ULANG SKRIPSI PADA SEMESTER BERIKUTNYA PADAHAL PADA SEMESTER YANG BERIKUTNYA TERSEBUT MAHASISWA YBS BISA MENYELESAIKAN SKRIPSI, MAKA NILAI SKRIPSINYA TIDAK BISA DIKELUARKAN.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *